Sebuah ide sederhana untuk menentukan prioritas goal kamu 5 tahun ke depan

Ini sebuah ide sederhana yang saya lakukan untuk menentukan prioritas goal dalam waktu 5 tahun ke depan.

Ide ini sebenarnya saya dapatkan dari sebuah pelatihan online dan terbukti dapat membuat saya lebih fokus pada apa yang saya inginkan 5 tahun ke depan. Namun ide sederhana ini hanya cocok untuk menetukan prioritas yang berkaitan dengan keuangan saja, kalo prioritas mengenai spiritual atau prioritas lainnya yang gak berkaitan dengan keuangan, ada ide lain yang bisa saya share di artikel lainnya nanti. 🙂

Cara menentukan prioritas goal ini sebenarnya cukup sederhana dan gak ada biaya yang dikeluarkan, karena ini hanya butuh komitmen kamu saja untuk benar-benar ingin fokus mencapai goal kamu beberapa tahun ke depan.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tempat yang sepi atau tidak bising untuk menenangkan diri dulu dan kosongkan pikiran agar kamu bisa berkomunikasi dengan diri kamu sendiri dalam hati. Suara hati kamu itu biasanya secara ilmiah disebut sebagai pikiran bawah sadar. Luangkan beberapa waktu ke depan buat kamu fokus berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar kamu, seolah-olah kamu bicara dengan orang lain namun orang lain itu diri kamu sendiri.

Kalo sudah menyiapkan diri dan mulai fokus, siapkan 2 buah kertas dan alat tulis (bulpen/spidol) di dekat kamu.

Selanjutnya coba bayangkan angka ini ” 10 MILYAR ” ….. kamu boleh lebih membayangkan angka berapapun, asalkan lebih dari angka 10 Milyar.

Kalo sudah terbayangkan, sekarang bayangkan kembali tiba-tiba rekening bank kamu terdapat angka sebesar itu. Tidak perduli dari mana angka itu muncul di rekening bank kamu, tiba-tiba saja angka itu muncul di rekening bank kamu. Kamu tiba-tiba menjadi seorang milyader.

Anggap itu benar-benar nyata, bayangkan kegembiraan kamu menerima uang sebesar itu pada rekening bank kamu. Bayangkan kegembiraan dana kebanggaan orang terdekat kamu, istri/suami, anak, orang tua ketika kamu menerima uang sebesar itu di rekening bank kamu.

Bayangkan dan sertakan emosi kamu seolah-olah dunia di sekitar kamu berubah menjadi lebih berwarna cerah dan hidup kamu berubah menjadi lebih bersemangat seakan-akan semua permasalahan kamu yang membebani kamu selama ini tiba-tiba hilang karena uang tersebut.

Trus ….

Setelah kamu merasakan emosi itu dan semangat yang menggebu-gebu itu …

Segera tulis pertanyaan dibawah ini di secarik kertas yang telah kamu siapkan :

Apa yang ingin kamu miliki / kamu capai saat ini?

  1. …………
  2. …………

Halangan apa yang ingin kamu singkirkan saat ini?

  1. ………….
  2. ………….

Apa passion yang selama ini ingin kamu lakukan?

  1. …………
  2. …………

Pengalaman apa yang ingin kamu lakukan saat ini?

  1. ………….
  2. ………….

Jawab pertanyaan diatas pada secarik kertas dang ingat tetap gunakan emosi kamu yang sedang bersemangat-semangatnya. Anggap saja uang 10 Milyar yang kamu dapatkan itu bisa kamu gunakan sepuasnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas. Tidak perlu pikirkan yang lain, fokus saja apa yang bisa kamu lakukan dengan menghabiskan uang 10 Milyar tadi.

Ini jawaban yang saya lakukan :

Setelah kamu tahu apa yang kamu inginkan saat ini, dari semua jawaban kamu tadi kini saatnya kamu menentukan 5 buah keinginan yang benar-benar kamu inginkan saat ini.

Pikirkan dengan serius apa yang benar-benar kamu inginkan, karena kamu memang diberi kesempatan untuk mewujudkan keinginan kamu.

Ini prioritas yang saya lakukan :

Ok!!

Sekarang 5 prioritas itulah yang benar-benar kamu harapkan untuk terwujud.

Sekarang saatnya kamu menyusun strategi untuk benar-benar mewujudkan keinginan kamu tersebut.

Trus …. gimana strateginya ……???

Tenang …. kalo kamu sudah serius dan fokus menentukan prioritas kamu, saya yakin jalannya kan terbuka sendiri bahkan tanpa kamu sadari.

Tapi tetap harus ada usaha dan doa dari kamu, maka Tuhan akan membantu kamu membimbing jalannya ….

Biar lebih greget tulis ulang prioritas2 kamu itu pada sebuah kertas karton besar dan tulis pake spidol permanen, beri gambar-gambar foto pada setiap prioritas yang paling mendekati imajinasi kamu. Setelah itu pajang karya seni kamu itu di kamar supaya kamu bisa selalu mengingat setiap hari apa yang benar-benar kamu inginkan 😜

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *